5 Cara Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan


Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing? Jika memiliki, kamu harus merawatnya dengan baik dan menjaga kesehatan hewan peliharaan mu. Pasalnya cara merawat hewan peliharaan bukanlah hal yang sulit, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah perawatan. Jika hewan peliharaan mu mendapatkan perhatian dan kasih sayang, mereka juga akan menyayangimu.

5 Cara Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan

Bagi sebagian orang, merawat dan menjaga kesehatan hewan sangatlah menyenangkan, karena hewan bisa tumbuh sehat dan menjadi teman di rumah. Bahkan hewan peliharaan juga bisa sedikit menghilangkan stress dan rasa penat. Lalu, bagaimana cara merawat hewan peliharaan? Berikut ulasannya,

1. Menjaga Kebersihan Hewan

Untuk menjaga kesehatan hewan, tentu kamu juga harus menjaga kebersihan mereka, yaitu dengan membersihkan kotorannya dan membersihkan hewan secara teratur. Hal ini untuk menjaga kenyamanan dan menghindari hewan terjangkit penyakit tertentu. 

Karena kotoran yang menumpuk dan tidak dibersihkan dapat mengundang bakteri berbahaya, oleh sebab itu bersihkan kotoran hewan dan jauhkan jangkauan anggota keluarga tersayang. Kamu juga bisa melatih hewan peliharaan untuk membuang kotoran di tempat yang telah disediakan, agar lebih mudah dibersihkan.

Jangan lupa untuk memandikan hewan dengan teratur agar hewan tetap bersih. Jika hewan peliharaan bersih, maka kamu tak perlu khawatir untuk dekat bahkan mencium mereka.

2. Memberikan Makanan dan Minum Teratur

Cara menjaga kesehatan hewan peliharaan selanjutnya yaitu harus memberikannya makan dan minum secara teratur, seperti 2-3 kali sehari. Jangan lupa untuk mengganti makanan dan minuman yang ada pada tempat mereka, apalagi makanan yang basi atau kadaluarsa. Agar kesehatan hewan terjaga.

Bersihkan kandang hewan peliharaan setelah makan, agar tidak mengundang bakteri dan virus. Berikan hewan peliharaan makanan sehat dan disukainya, agar mereka senang dan kuat.

3. Berikan Vaksin

Memberi vaksin untuk hewan peliharaan sangat penting untuk menjaga kesehatan hewan dan melindungimu agar tidak terjangkit penyakit dari peliharaanmu. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kesehatan hewan secara rutin, agar mereka mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, serta mengurangi resiko terkena penyakit yang parah.

4. Menjaga kebersihan Rumah

Selain menjaga kebersihan kandangnya, kamu juga harus memperhatikan kebersihan rumah agar terbebas dari kuman dan bakteri. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan hewan dan kamu sendiri. Apabila kamu memelihara hewan berbulu seperti anjing dan kucing, bersihkan bulu-bulunya yang rontok, jangan sampai terhirup oleh mu dan keluarga.

5. Menyayangi Hewan

Untuk menjaga kesehatan mental dan menjauhkan hewan dari stress, kamu harus menyayangi mereka, misalnya mengelus tubuh mereka, mencium hingga melakukan komunikasi secara intensif. Hal tersebut juga bisa membangun ikatan mu dengan hewan peliharaan semakin dekat. Cara ini dinilai efektif untuk pertumbuhan hewan peliharaan serta memberikan kebahagiaan pada pemiliknya jika sedang merasa kesepian.

Itulah 5 cara menjaga kesehatan hewan yang bisa kamu lakukan untuk hewan peliharaanmu. Jika hewan sehat, mereka akan senang dan Panjang umur. Namun, kamu juga harus menjaga kesehatanmu dengan mencuci tangan setelah menyentuh hewan peliharaan apalagi setelah menyentuh bagian yang sensitif, seperti lidah dan kaki hewan.

Untuk menjaga kesehatan hewan, kamu juga bisa menggunakan layanan baru dari halodoc, yaitu konsultasi permasalahan pada dokter hewan secara online. Halodoc merupakan platform yang memberikan informasi seputar kesehatan dan fitur layanan kesehatan seperti cari dokter, konsultasi dengan dokter, buat janji RS, kesehatan hewan hingga kesehatan jiwa.

Belum ada Komentar untuk " 5 Cara Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel