4 Cara Mengatasi Rambut Berminyak yang Harus Kamu Ketahui

Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Bukan hanya wajah, kulit rambut juga bisa menghasilkan minyak. Jika minyak yang dihasilkan terlalu banyak, maka akan mengganggu kenyamanan Anda. Ada beberapa hal yang menyebabkan minyak di kulit kepala sangat banyak, seperti sering mencuci rambut, jarang keramas dan lainya. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui cara mengatasi rambut berminyak.

Jika kamu membiarkan rambut berminyak, maka akan menimbulkan ketombe, bau tidak sedap, gatal, hingga jerawat di kulit kepala leher dan dahi. Adapun berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi rambut berminyak dan lepek dengan mudah di antaranya yaitu:

  • Keramas dengan Rutin

Meskipun tidak baik mencuci rambut terus-menerus namun ada baiknya jika kamu keramas secara rutin yaitu 2 hari sekali. Hal tersebut untuk membantu kulit kepala agar tidak terlalu kering serta tidak memproduksi minyak berlebihan. Usahakan untuk tidak menggunakan shampo terlalu banyak ketika keramas, karena hal tersebut membuat rambut kering.

  • Gunakan Shampo yang Tepat

Dari banyaknya produk shampo, kamu harus pintar memilih shampo yang tepat dan cocok dengan rambutmu. Apabila kulit kepala terasa berminyak, kamu bisa menggunakan shampo yang bebas kandungan minyak serta jangan lupa gunakan conditioner agar rambut tetap terawat.

  • Bilas dengan Air Dingin

Cara mengatasi rambut berminyak selanjutnya yaitu dengan membilas keramas menggunakan air dingin. Pasalnya kulit kepala berminyak juga dapat disebabkan oleh shampo yang dibilas dengan bersih. Air dingin bisa membantu rambut lebih sehat, karena dapat menutupi kutikula serta mengurangi aktivitas kelenjar penghasil sebum. Sedangkan mencuci rambut dengan air hangat bisa merangsang kelenjar penghasil sebum.

  • Menggunakan Masker Rambut Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa mengurangi minyak berlebih di kepala, mulai dari lidah buaya, teh hijau, cuka apel, dan lainnya. Meskipun masker rambut tersebut belum teruji klinis, namun tidak ada salahnya untuk dicoba agar rambut tidak terasa lepek.

Itulah 4 cara mengatasi rambut berminyak yang bisa kamu ketahui. Sehingga rambut terasa lebih sehat dan nyaman.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Rambut Berminyak yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel