Demi Keamanan, Kenali Berbagai Jenis Kejahatan Internet Banking


Kejahatan di bank bukanlah hal mengherankan, terutama di masa sekarang. Perkembangan teknologi justru membuat para pelaku memanfaatkannya untuk melakukan kejahatan di bank. Macam-macam jenis kejahatan seringkali terjadi, meskipun keamanan bank sudah sangat canggih. Pencegahan fraud di bank kini menjadi hal penting yang harus dilakukan setiap bank untuk melindungi dana nasabahnya.

Sebagai antisipasi, kamu harus mengenal berbagai kejahatan internet banking yang sering terjadi.

Pharming

Penipu atau hacker yang menjalankan penipuan ini biasanya akan melakukan pengalihan dari situs yang sah ke situs palsu tanpa diketahui dan disadari oleh korban. Kemudian mengambil data yang dimasukkan oleh korban sehingga masuk ke dalam area yang menjadi permainan penipu tersebut.

Spoofing

Penipuan dijalankan dengan cara menggunakan perangkat lunak untuk menutupi identitas dengan menampilkan alamat e-mail/ nama/ nomor telepon palsu di komputer agar menyembunyikan identitas. Untuk melakukan penipuan mereka menimbulkan kesan berurusan dengan pebisnis terkemuka.

Phising

Tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user ID, PIN, nomor rekening bank/ nomor kartu kredit secara tidak sah. Informasi ini kemudian dimanfaatkan untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah.

Sebagai nasabah, kamu perlu melindungi data dirimu di berbagai platform media sosial yang kamu miliki. Kamu juga perlu berhati-hati jika ada orang yang meminta data diri terlalu lengkap. Sebab, tak jarang banyak orang yang tertipu karena hal ini.

Pastikan kamu tidak menyebar informasi seperti nomor kartu atm dan informasi pribadi lainnya yang dirasa penting.

Belum ada Komentar untuk "Demi Keamanan, Kenali Berbagai Jenis Kejahatan Internet Banking"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel