Cara Kerja Panel Surya


Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Mereka disebut surya atas Matahari atau "sol" karena Matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Panel surya sering kali disebut sel fotovoltaik, photovoltaic dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik".

Panel surya PV menghasilkan arus listrik langsung (DC). Dengan listrik DC, elektron mengalir dalam satu arah di sekitar sirkuit. Contoh pada gambar dibawah ini menunjukkan baterai menyalakan bola lampu. Elektron bergerak dari sisi negatif baterai, melalui lampu, dan kembali ke sisi positif dari baterai.

Dengan listrik AC (arus bolak-balik), elektron didorong dan ditarik, secara berkala berbalik arah, seperti silinder mesin mobil. Generator menciptakan listrik AC ketika kumparan kawat berputar di samping magnet. Banyak sumber energi yang berbeda dapat “memutar pegangan” generator ini, seperti gas atau solar, hidroelektrik, nuklir, batubara, angin, atau matahari.

Listrik AC dipilih untuk jaringan listrik tenaga listrik, terutama karena lebih murah untuk penggunaan jarak jauh. Namun, panel surya menghasilkan listrik dengan arus DC. Bagaimana kita mendapatkan listrik DC ke dalam jaringan AC? Saat itulah dibutuhkan inverter.

Apa tugas solar inverter?

Sebuah inverter surya mengambil listrik arus DC dan menggunakannya untuk menghasilkan listrik AC. Inverter seperti otak sistem. Bersamaan dengan pembalik daya DC ke AC, inverter juga menyediakan perlindungan terhadap arus pendek ground dan statistik sistem, termasuk tegangan dan arus pada sirkuit AC dan DC, tidak ketinggalan produksi energi dan pelacakan titik daya maksimum.

Inverter yang terpusat telah mendominasi industri solar sejak awal. Pengenalan mikro-inverters adalah salah satu pergeseran teknologi terbesar dalam industri PV. Inverter mikro mengoptimalkan tiap panel surya, bukan keseluruhan sistem panel, seperti yang dilakukan oleh inverter terpusat. Langkah ini memungkinkan setiap panel surya berfungsi maksimal.

Ketika inverter pusat digunakan, jika terjadi masalah pada salah satu panel surya (mungkin tidak bekerja maksimal karena tempat teduh atau sudah kotor) dapat membuat kinerja panel keseluruhan menurun. Sedangkan jika menggunakan inverter mikro, masalah yang dialami inverter terpusat tidak akan terjadi. Dengan menggunakan inverter mikro, jika satu panel surya memiliki masalah, sisa susunan panel surya masih berfungsi secara efisien.

Bagaimana cara kerja sistem panel surya?

Begini cara kerja dari panel surya https://sewatama.com/begini-solar-panel-menghasilkan-listrik/ Berikut ini contoh cara kerja instalasi energi matahari pada rumah. Pertama, sinar matahari mengenai panel surya di atap. Panel mengkonversi energi ke arus DC, yang mengalir ke inverter. Inverter mengubah listrik dari DC ke AC, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk menyalakan listrik di rumah Anda. Energi surya sangat sederhana dan bersih, dan semakin efisien serta terjangkau sepanjang waktu.Sementara teknologi di balik energi matahari mungkin tampak rumit, agar cara bekerja tenaga surya mudah dimengerti – terutama dalam skenario grid connect karena hanya memerlukan beberapa komponen yang dipasang di rumah atau kantor Anda. Dapatkan lagi informasi mengenai panel surya dengan mengunjungi Sewatama.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Panel Surya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel