Jenis-jenis Laporan Keuangan Dalam Akuntansi


Aplikasi akuntansi gratis saat ini menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi kondisi bisnis dalam perusahaan anda. Dengan laporan keuangan akuntansi, pemilik perusahaan dapat memantau keuangan perusahaan dengan cepat dan mudah.

Mengingat perannya yang sangat penting bagi kondisi keuangan suatu perusahaan, terdapat beberapa jenis laporan keuangan dalam akuntansi. Adapun berikut ini adalah beberapa jenis laporan keuangan yang bisa anda ketahui.

Jenis-jenis Laporan Akuntansi

Laporan Laba Rugi

Laporan ini berfungsi untuk mengetahui apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian dalam satu periode laporan. Selain itu, laporan ini juga berfungsi untuk memberikan informasi terkait jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

Dengan adanya laporan laba rugi ini, dapat digunakan oleh manajer sebagai alat mengevaluasi sistem perusahaan serta mengetahui tingkat efisien strategi yang digunakan. hal tersebut dapat dilihat dari besar kecilnya beban yang dikeluarkan.

Dalam jenis laporan ini terdiri dari dua bentuk yaitu single step dan multiple step. Pada laporan single step pengelompokan akun menjadi lebih mudah karena setiap pendapatan dan keuntungan ditempatkan dalam awal laporan laba rugi.

Setelah itu diikuti dengan keseluruhan beban atau biaya yang harus dikeluarkan atau ditanggung oleh perusahaan.adapun selisih dari total pendapatan dan total beban tersebut yang menunjukkan apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian.

Dalam laporan multiple step, harus memisahkan transaksi operasional dan nonoperasional dan membandingkan biaya dan beban dengan pendapatan yang terkait. Pada bentuk laporan ini laba operasional akan menunjukkan perbedaan antara aktivitas dan insidentil.

Laporan Perubahan Modal

Dalam laporan akuntansi ini, akan menyajikan informasi tentang jumlah modal yang dimiliki oleh perusahaan dalam periode tertentu. Anda dapat melihat perubahan pada modal dan penyebab perubahan tersebut terjadi.

Adapun data yang diperlukan dalam pembuatan laporan ini adalah modal awal periode, pengambilan dana pribadi pemilik, dan total laba rugi perusahaan dalam periode tersebut. mengingat dalam laporan ini membutuhkan laporan laba rugi, maka laporan akuntansi ini dibuat setelah menyelesaikan laporan laba rugi. Untuk mempermudah tahap ini, anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan melalui smartphone anda.

Balance Sheet

Laporan ini dibuat guna menunjukan kondisi, informasi keuangan dan posisi perusahaan pada periode tertentu. Dengan penyusunan laporan ini anda dapat melihat beberapa informasi penting seperti jumlah aset perusahaan, hutang atau kewajiban, dan modal perusahaan.

Beberapa laporan keuangan dalam akuntansi di atas harus disusun dengan sistematis dan sesuai dengan data yang ada pada satu periode. Untuk mempermudah pekerjaan tersebut saat ini terdapat aplikasi pembukuan gratis yang membantu penyusunan laporan agar lebih mudah dan cepat dikerjakan.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan dengan interface yang mudah adalah BukuKas yang menyediakan berbagai fitur dalam pembuatan laporan keuangan. dengan aplikasi ini anda dapat mencatat setiap transaksi dan membuat laporan usaha menjadi lebih mudah.

Jika dahulu anda melakukan pembukuan dengan penghitungan manual, aplikasi akuntansi gratis ini dapat memperbarui data secara otomatis sehingga memiliki hasil lebih akurat. Selain itu dengan aplikasi BukuKas anda bisa membuat tiga jenis laporan sesuai dengan kebutuhan usaha anda yaitu laporan hutang piutang, laporan pelanggan dan laporan laba rugi.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Laporan Keuangan Dalam Akuntansi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel