Tidur Yang Disarankan Saat Haid


Selain menggangu aktifitas ternyata nyeri haid juga dapat menggangu tidur anda. Seperti apa tidur yang disarankan saat haid datang, berikut ini beberapa ulasannya :

Agar tidur Anda tidak terganggu saat haid, memperbaiki poisi tidur bisa jadi salah satu caranya. Posisi tidur saat haid yang banyak direkomendasikan adalah posisi tidur fetal. Tidur ini digambarkan seperti posisi janin (fetus) di dalam perut sang ibu. Yaitu dengan memposisikan tubuh menyamping dan menekuk kaki. Lutut Anda pun sejajar dengan dada. Lebih jelasnya, lihat gambar di atas.

Kenapa posisi tidur ini paling baik saat haid? Saat haid, otot di sekitar perut dan sekitar bokong menjadi tegang dan menerima banyak tekanan. Itulah sebabnya Anda merasakan nyeri saat haid.

Posisi tidur fetal mampu melemaskan otot-otot sekitar perut dan bokong, ketegangan dan nyeri akan berkurang sehingga membantu Anda untuk tidur. Selain itu, posisi tidur ini juga tidak menganggu pembalut atau tampon yang sedang Anda gunakan.

Jangan tidur tengkurap atau telentang saat haid. Jika Anda tidur dengan posisi tengkurap, tekanan pada otot perut dan rahim akan semakin bertambah besar. Otot perut tersebut bertambah tegang dan akhirnya meningkatkan rasa nyeri. Begitu pula dengan tidur telentang, tekanan dan ketegangan pada otot di sekitar bokong semakin besar dan nyeri semakin bertambah.

Kedua posisi tidur ini bisa menyebabkan darah keluar lebih banyak dan akhirnya akan mengotori celana dan seprai tidur Anda karena menembus pembalut atau tidak tertampung pada tampon.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak saat haid, seperti:

  • Atur suhu kamar tidur jadi lebih sejuk. Suhu kamar yang sejuk membantu menurunkan suhu tubuh. Anda bebas memilih tidur dengan selimut atau tidak, sesuaikan dengan kenyamanan Anda.
  • Mandi dulu dengan air hangat sebelum tidur. Air hangat bisa membuat otot-otot yang tegang, termasuk otot perut, jadi lebih rileks.
  • Gunakan bantal tambahan untuk menambah kenyaman serta luangkan beberapa menit untuk mengompres perut dengan air hangat.
  • Minum obat pereda nyeri seperti acetaminophen dan ibuprofen. Kedua obat tersebut dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus memiliki efek samping membuat Anda mengantuk.

Agar tidur lebih nyaman saat hari pertama haid dan nyeri haid muncul dapat menggunakan pad pereda nyeri https://ifreeindonesia.com/ karena sensasi hangatnya akan membuat nyaman. https://ifreeindonesia.com/laki-laki-apakah-kalian-tahu-bagaimana-rasanya-ketika-kram-haid/ Jangan lupa untuk para suami manjakan dan buat nyaman pasangan anda saat tidur ketika pasangan anda mengalami haid.

Belum ada Komentar untuk "Tidur Yang Disarankan Saat Haid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel