Ragam Inspirasi Usaha Sampingan Dari Internet


Di samping melakukan aktivitas dan pekerjaan Anda di bidang apapun itu. Pastinya terbesit di hati ingin memiliki usaha sendiri. Sebab, menjadi seorang wiraswasta berarti You’re the boss. Anda adalah boss-nya.

Namun, membuka usaha dengan melepaskan pekerjaan Anda secara drastis tentu tidak dapat Anda lakukan. Pasalnya, ada berbagai hal yang mesti dipertimbangkan. Baik dari segi finansial, kesiapan, dan masih banyak lagi. Selain itu, dunia usaha selalu dinamis, yakni membutuhkan inovasi terus menerus dan berkesinambungan. Akan muncul pula berbagai rintangan seperti munculnya pesaing.

Jika Anda ingin memulai usaha dari nol sembari melakukan aktivitas sebagaimana biasanya, maka artikel ini sangat cocok untuk disimak. Sebab, kami akan membagikan kepada Anda ide-ide usaha sampingan yang cocok untuk karyawan, pegawai, mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan pelajar sekalipun.

Apa sajakah usaha sampingan yang kekinian dan memiliki prospek yang bagus di masa kini? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Usaha Sampingan di Internet

Internet saat ini bukan lagi menjadi wadah untuk mencari informasi semata. Melainkan juga sebagai ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Maka dari itu, Anda bisa melirik peluang usaha ini untuk masa depan. Terlebih, usaha sampingan di internet bisa dikerjakan selagi Anda melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Atau dengan kata lain tidak meninggalkan pekerjaan utama!

1. Website Desainer

Saat ini, perusahaan teknologi sangat membutuhkan adanya website desainer. Sebab, saat ini, membuat website yang indah dengan tatanan yang menarik menjadi salah satu usaha kampanye perusahaan maupun brand tertentu.

Pertama, yang mesti Anda lakukan adalah mempelajari HTML serta CSS. Atau gunakan CMS WordPress yang memiliki banyak plugin serta template yang telah tersedia. Di Indonesia, pembuatan website memegang peranan yang krusial sehingga menjadi usaha sampingan dengan prospek yang sangat baik.

Jika sudah profesional, maka pembuatan website yang hanya memakan waktu 5 jam saja akan menghasilkan uang mencapai 5 juta rupiah. Kemampuan Anda dapat dijual di berbagai forum freelancer lokal laiknya Projects.co,id, fastwork.id, atau forum facebook group.

2. Penjualan E-Book

Apakah Anda memiliki hobi menulis? Anda bisa mulai menyalurkannya dan dapatkan berbagai profit. Caranya dengan menjual buku digital atau ebook. Yang harus Anda lakukan hanya mencari tahu apa yang dibutuhkan orang tentang keahlian Anda.

Untungnya, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membayar percetakan. Profit yang akan dihasilkan dari menjual e-book tentu sangat tinggi. Meski begitu, ada tantangan yang akan dihadapi yakni terkait dengan pembajakan.

 Sebab, di Indonesia, angka pembajakan buku dan pengembangan diri sangat tinggi.
Namun, terlepas dari efek buruknya, pembajakan ini juga membuat Anda lebih dikenal oleh orang lain. Atau istilah lainnya yakni publikasi gratis.

3. Kelas Online

Satu hal yang harus Anda miliki untuk berkecimpung di dunia netpreneur adalah kemampuan. Jika Anda memiliki keahlian pada bidang tertentu, maka Anda dapat mulai membuka kelas online dengan mempersiapkan modul terlebih dahulu. Tujuannya agar bisa membantu orang lain menguasai apa yang telah Anda kuasai sebelumnya.

Saat ini, banyak orang yang rela membayar mahal untuk memiliki ilmu tersebut. Anda dapat melakukan pemasaran melalui Google, website, Instagram, Facebook, maupun YouTube.

Caranya yakni cukup rekam video yang berisi tentang apa yang akan diajarkan serta rapikan video di Facebook grup tertutup sebagai “units” sehingga Anda mempunyai komunitas kelas online tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

4. Landing Page Specialist

Untuk mendapat penjualan online dengan cepat, website saja kadang tidak mencukupi. Sehingga, Anda membutuhkan Sales Page atau Landing Page. Nah, jika Anda mempunyai kemampuan dalam membuat Landing pages dengan tingkat konversi tinggi, silahkan manfaatkan hal ini untuk usaha sampingan.

Kebutuhan landing pages di dunia dan di Indonesia sangat besar. Sebab, untuk membuat hal ini, sangat dibutuhkan beberapa kemampuan yakni secara teknis dan copywriting yang baik.

Jasa Landing Page Specialist ini harganya cukup mahal. Bahkan ada yang bisa mencapai 15 juta rupiah hanya untuk penjualan produk kesehatan berbahasa Indonesia.

5. Google Ads Specialist

Usaha sampingan yang selanjutnya adalah Google Ads Specialist. Jenis pekerjaan apa ini? Nah, usaha ini bisa dikerjakan bagi Anda yang ahli menggunakan media berbayar Google. Usaha ini sangat potensial karena pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh pebisnis.

Lebih baik jika Anda mempunyai sertifikasi Google untuk membuktikan kredibilitas di hati klien. Sebaiknya fokus dengan return on investment klien serta efisiensinya sehingga jasa Anda terus menerus digunakan.

6. Social Media Manager

Tak bisa dipungkiri media sosial saat ini berkembang dengan sangat cepat. Sehingga berimplikasi langsung dengan jumlah media sosial yang dikelola perusahaan atau perorangan. Sehingga muncul juga sebuah profesi baru yakni Social Media Manager.

Pekerjaan SMM ini meliputi beberapa aktivitas yakni mengelola jadwal post, mempelajari data analisa pada pemilik akun, serta menentukan tema postingan.

Dari waktu ke waktu, kebutuhan SMM menjadi semakin berkembang. Namun, potensi di Indonesia belum sampai pada tahap profesional. Sehingga, Anda bisa menjadi pionir untuk meng-eksplore pekerjaan ini lebih jauh. Untuk melakukan kegiatan ini, ada baiknya Anda mengelola akun sebagai portfolio saat menawarkan jasa tersebut.

7. Guru Les Bahasa Inggris Online

Kebutuhan berbahasa Inggris menjadi sesuatu yang sangat diperlukan saat ini. Sehingga, banyak orang yang rela mengeluarkan biaya untuk memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik. Nah, fakta ini bisa Anda manfaatkan dengan baik dengan cara membuka les.

Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengajar ke rumah seseorang secara langsung, maka silahkan mengajarnya secara online melalui Live Video Call via Skype. Atau bisa juga mendaftar di platform tertentu.

8. Konsultan Website WordPress

Jumlah website WordPress di dunia sudah mencapai angka 76,5 juta lho! Namun, ternyata tidak semua berjalan dengan optimal. Tentu hal ini akan menjadi peluang yang sangat baik.

Jika Anda mempunyai kemampuan website dengan CMS WordPress, maka Anda bisa mulai membantu orang-orang dengan cara menjadi konsultan website WordPress. Pertama, Anda bisa mulai dengan memposting jasa di forum WordPress Indonesia maupun forum bisnis lainnya.

9. Developer Aplikasi

Hanya orang dengan kemampuan membuat aplikasi smartphone atau game saja yang bisa melakoni usaha sampingan ini. Atau mungkin Anda adalah salah satunya? Jika iya, Anda bisa mulai membuatnya secara serius.

Sekadar informasi, penghasilan developer aplikasi bisa didapatkan dari pengiklan. Salah satu game yang fenomenal yakni Flappy Bird tercatat mendapatkan penghasilan dari iklan dalam game sebesar $50,000 setiap harinya. Jadi, silahkan bayangkan besarnya potensi penghasilan menjadi developer aplikasi.

Anda juga bisa menjadi salah satu tim developer yang bekerja secara freelance dengan bayaran yang tinggi. Caranya dengan mencari pekerjaan tersebut di berbagai website freelance.

10. Data Analyst

Apakah Anda seseorang yang menyukai data dan angka? Nah, mulai sekarang bisa menjadikan diri sebagai data analyst sebagai usaha sampingan. Sebab, saat ini ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seseorang dengan kemampuan data analyst. Hal ini dilakukan untuk menjabarkan pergerakan bisnis perusahaan tersebut.

Silakan cari lowongan data analyst melalui Google untuk mencari listing pekerjaan ini.
Penulis dan Copywriter
Untuk menjadi penulis profesional memang sangat sulit dan harus melalui seleksi yang sangat ketat. Namun, jika Anda memiliki hobi tersebut, maka bisa menjadi penulis untuk website dengan bayaran per jumlah kata.

Anda juga bisa menjadi copywriter yang bekerja untuk merapikan struktur kalimat sehingga lebih persuasif. Serta menjadi lebih jelas bagi para pengunjung website.
Usaha sampingan ini dapat menghasilkan fee yang berbeda tergantung dari kinerja dan pengalaman. Untuk mengerjakan satu halaman sales pages bahkan, Anda bisa mendapatkan 45 juta rupiah.

11. Mengisi Survey Online

Jika Anda memiliki banyak waktu luang, mungkin pekerjaan ini akan sangat cocok. Cukup sediakan waktu beberapa menit saja setiap hari untuk menjawab survey, maka akan ada poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai benda semisal pulsa, voucher belanja  atau uang tunai.
Kegiatan ini bisa Anda lakukan sembari menunggu jemputan atau menunggui anak yang belum pulang sekolah. Isilah beberapa survey dan dapatkan poinnya.

Memulai Channel YouTube
Saat ini, YouTube juga menjadi usaha sampingan yang sangat menjanjikan. Hanya bila Anda serius menjalankannya. Caranya adalah dengan membangun konten yang bermanfaat bagi orang lain serta menghibur dan meningkatkan subscriber.

Jika Anda sudah mendapatkan seribu subscriber dan mendapatkan 4 ribu jam view, maka penghasilan akan Anda dapatkan dari iklan yang muncul. Saat ini, banyak YouTuber yang dapat menghasilkan rupiah hingga puluhan juta tiap bulannya. Menarik sekali kan?

Belum ada Komentar untuk "Ragam Inspirasi Usaha Sampingan Dari Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel